RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 31 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 31 DESEMBER 2023

Pesta Keluarga Kudus, Yesus, Maria, Yusuf

Kej. 15:1-6;21:1-3; Mzm. 105:1b-2,3-4,5-6,8-9; Ibr. 11:8,11-12,17-19; Luk. 2:22-40 (Panjang) atau Luk 2: 22.39-40 (Singkat).

BcO Ef. 5:21-6:4

Warna Liturgi Putih

Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan, Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Renungan :

Keluarga merupakan lingkungan terkecil bagi setiap orang untuk bertumbuh dan berkembang. Di dalam keluarga, anak belajar berbicara, bersikap, dan bertindak. Dari sana, ia lalu bergaul dan bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Lebih dari itu, keluarga juga menjadi tempat kita bertumbuh dalam iman akan Tuhan. Sejak kecil kita diajarkan oleh keluarga untuk mengenal Tuhan, Kitab Suci, bagaimana berdoa dan cara hidup orang beriman. 

Tuhan Yesus juga mengalami itu dalam keluarga kecil bersama Yosef dan Maria di Nazaret di Galilea. Dalam asuhan kedua orang tua, kanak Yesus bertumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan manusiawi. Penginjil Lukas dalam bacaan hari ini mengatakan, "Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya." Kita diajak untuk merajut suasana kehidupan keluarga yang harmonis, tempat bagi setiap orang mengalami sukacita dan damai sejahtera karena setiap orang saling berbagi perhatian dan kasih sayang. 

Ya Tuhan, tinggallah senantiasa dalant keluarga kami. Berilah kami kekuatan untuk saling berbagi kasih dan perhatian, terutama dan pertama-tama dalam keluarga, sehingga semua orang mengalami damai dan sukacita serta bertumbuh dalant intan dan cara hidup yang saleh. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 31 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel