RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 28 DESEMBER 2023

Pesta Kanak-kanak Suci

1Yoh. 1:5 - 2:2; Mzm. 124:2-3,4-5,7b-8; Mat. 2:13-18.

BcO Kel. 1:8-16,22

Warna Liturgi Merah

Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku." Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu. Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi."

Renungan 

Hari ini, Gereja mengenang kematian sejumlah anak di Betlehem yang dibunuh oleh Herodes. Herodes ingin membunuh kanak-kanak Yesus yang baru saja lahir di wilayah itu. Akan tetapi, karena tidak mendapat informasi yang jelas, ia lalu membunuh semua anak yang berumur dua tahun ke bawah di Betlehem. Padahal sebelum itu, Herodes berpesan kepada orang-orang majus untuk memberi informasi tentang Bayi yang baru lahir itu supaya ia juga datang menyembah-Nya. 

Peristiwa itu menyadarkan kita akan penguasa duniawi yang cenderung mengorbankan orang-orang kecil dan lemah demi kepentingan kekuasaan. Demikian pula, kata-kata indah tentang hal-hal baik yang mereka ucapkan belum tentu sejalan dengan perbuatan mereka. 

Rasul Yohanes, dalam suratnya, mengajak kita untuk hidup suci dan berlaku jujur di hadapan Tuhan. Iman, menurut Yohanes, tidak hanya dalam kata-kata atau doa. Sikap dan perbuatan mesti mencerminkan apa yang kita imani itu. Bahkan, ketika kita berdosa, baiklah kita mengaku di hadapan Tuhan untuk mendapat belas kasih-Nya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan" (1Yoh. 1:9). 

Ya Tuhan, kuatkanlah kami untuk senaniiasa memelihara hidup yang suci di hadapan-Mu dengan berlaku baik terhadap sesama dan alam lingkungan. Semoga iman yang kami ucapkan dengan kata-kata dapat kami hayati selalu dalam sikap dan tindakan kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel