RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 15 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 15 DESEMBER 2023

Hari biasa Pekan II Adven

Yes. 48:17-19; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Mat. 11:16-19.

BcO Yes. 27:1-13.

Warna Liturgi Ungu

Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung. Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan. Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

RENUNGAN:

Tuhan Yesus dalam cerita Injil hari ini menyayangkan sikap orang-orang Yahudi yang tidak mau mendengar pewartaan-Nya dan Yohanes Pembaptis. Orang-orang itu malah menganggap cara hidup Yohanes Pembaptis yang mengasingkan diri di padang gurun sebagai kegilaan. Demikian pula keramahan Tuhan yang bergaul dengan orang-orang kecil, sederhana, dan pendosa sebagai “peminum dan pelahap”. 

Merasa aman dengan keadaan yang sudah mapan memang sering membuat orang tidak mau menerima hal-hal yang baru. Hati mereka tertutup untuk perubahan dan kritikan-kritikan yang mengganggu. Mereka selalu mencari pembenaran atas pikiran, sikap, dan kebiasaan mereka. Mereka selalu mencari alasan untuk menyalahkan pertimbangan lain. Akibatnya, mereka tidak lagi dapat melihat kurang atau salah pada apa yang mereka miliki. Apalagi mengalami sesuatu yang lebih baik dari tawaran-tawaran baru yang orang lain berikan. 

Kita tentu tidak boleh membiarkan diri terperangkap dalam sikap seperti itu. Apalagi dengan situasi dunia sekarang yang bergerak maju dengan cepat; banyak hal baru ditawarkan untuk hidup yang lebih baik. Keterbukaan hati dan pikiran menjadi keharusan bagi setiap orang. Sebagai orang beriman, kita bahkan bersyukur atas orang-orang yang dipakai Tuhan menyampaikan kabar baik atau bahkan menegur kita yang sedang jatuh dalam kesalahan. 

Ya Tuhan, pakailah kami untuk mewartakan kebaikan bagi sesama sehingga kami semua semakin dekat kepada-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 15 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel