RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 16 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 16 DESEMBER 2023

Hari biasa XXIV

Hari biasa Pekan II Adven

Sir. 48:1-4, 9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13.

BcO Yes. 29:1-8

Warna Liturgi Ungu

Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

RENUNGAN

Yohanes Pembaptis diutus Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan-Nya. la adalah Elia, seperti diramalkan para nabi, akan datang mendahului Tuhan. Akan tetapi, Yohanes Pembaptis tidak dikenal orang sebagai Elia yang akan datang itu. "Orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka.' 

Yohanes memang memilih jalan yang sunyi dalam perutusannya. la hidup di padang gurun dan menyerukan pertobatan sebagai persiapan untuk menyongsong kedatangan Tuhan. Ini agak berbeda dengan harapan orang Yahudi pada waktu itu. Elia yang akan datang itu digambarkan sebagai pribadi yang penuh kuasa dan menakutkan, ia menghancurkan kejahatan dan menegakkan kebenaran serta memulihkan segala suku Yakub. 

Tidak hanya Yohanes Pembaptis, Tuhan Yesus, Sang Mesias, pun mendapat penolakan dari banyak kalangan bangsa Yahudi waktu itu. "Demikian pula Anak Manusia akan menderita seperti mereka." Di sini kita belajar tentang karya Tuhan yang tidak selalu seperti yang manusia pikirkan. 

Sering kali kita mengharapkan sesuatu, namun yang terjadi justru bertentangan. Namun, kita mesti selalu percaya bahwa Tuhan mengasihi kita dan menghendaki kita selamat. 

Ya Tuhan, kami percaya Engkau menyapa kami dengan banyak cara, termasuk melalui orang-orang kecil dan sederhana. Semoga kami dapat saling menghargai, terutama mereka yang kecil dan sederhana dalam hidup kami sehari-hari. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 16 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel