RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 2 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 2 DESEMBER 2023

Hari biasa

Dan. 7:15-27 ; MT Dan. 3:82-87; Luk. 21:34-36.

BcO Yeh. 47:1-12

Warna Liturgi Hijau

"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

RENUNGAN

Tuhan Yesus dalam Injil hari ini menasihati kita, para pengikut-Nya, untuk membangun sikap berjaga sambil berdoa. Pertama-tama sikap berjaga-jaga dengan memelihara hati agar tidak terikat pada pesta pora, kemabukan dan segala kepentingan duniawi. Hal ini membuat orang khawatir akan kehidupan sekarang dan mengabaikan hidup yang abadi. Tentang ini, kita ingat cerita Tuhan Yesus tentang orang kaya yang menumpuk harta duniawi hingga suatu ketika ia meninggal dunia, sementara harta kekayaan itu ditinggal; tidak berguna lagi bagi dia. la mengejar kekayaan duniawi, namun ia miskin di hadapan Tuhan. 

Selanjutnya, Tuhan menasihati kita, para murid-Nya, untuk berjaga-jaga sambil berdoa. Dengan berdoa, orang akan selalu terarah pada Tuhan. la senantiasa berharap untuk ada bersama Tuhan yang meluputkan dia dari segala kemalangan dan mengantar dia pada sukacita abadi. Jadi, kita diajak menolak keterikatan pada hal-hal duniawi, dan sebaliknya senantiasa mengarahkan diri serta mendekatkan diri pada Yang Ilahi lewat doa dan kegiatan rohani. 

Allah Bapa Mahabaik, jangan biarkan kami jatuh dalam godaan untuk terikat pada hal-hal duniawi semata. Semoga kami selalu mendekat pada-Mu lewat doa yang kami panjatkan setiap hari. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 2 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel