RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 1 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 1 DESEMBER 2023

Peringatan Wajib

B. Dionisius dan Redemptus

Dan. 7:2-14 ; MT Dan. 3:75-81.; Luk. 21:29-33;

BcO Yeh. 40:1-4; 43:1-12; 44:6-9

Warna Liturgi Merah

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

RENUNGAN

Bacaan-bacaan suci hari ini menceritakan penguasa-penguasa duniawi datang silih berganti. Yang satu datang dengan kekuatan memusnahkan yang lain. Hal itu terus terjadi sehingga tidak ada yang bertahan. Namun, kekuasaan Tuhan melampaui segalanya, tulis Nabi Daniel dalam nubuatnya. Kerajaan-Nya abadi selamanya. Dan segala bangsa, suku, dan bahasa mengabdi kepada-Nya. 

Tuhan Yesus meneguhkan nubuat Daniel ketika berbicara tentang kejatuhan Yerusalem ke tangan penguasa asing. Peristiwa itu mestinya menyadarkan umat Israel untuk kembali pada Tuhan. "Jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa Kerajaan Allah sudah dekat." Pada hari-hari terakhir lingkaran tahun liturgi Gereja ini, kita diajak mengarahkan perhatian pada Kerajaan Allah yang melampaui segala kuasa dunia dan berlangsung sepanjang masa. 

Kerajaan Allah sudah mulai dengan kedatangan pertama Tuhan Yesus. Dan, kita sedang berjalan menuju kepenuhan, yaitu ketika kita ada bersama Tuhan dalam keabadian. 

Ya Tuhan, datanglah kerajaan-Mu di bumi ini seperti di dalant surga. Bantulah kami agar tidak hanya memikirkan hal-hal duniawi yang fana, tetapi juga yang surgawi dan kekal. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 1 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel