RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 NOVEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 30 NOVEMBER 2023

Pesta St. Andreas, Rasul

Rm. 10:9-18; Mzm. 19:2-3,4-5; Mat. 4:18-22.

BcO 1Kor. 1: 17-2:5.

Warna Liturgi Merah

Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

RENUNGAN:

Tuhan Yesus datang memilih dan memanggil para murid-Nya: "Mari, ikutilah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Menjadi seorang murid berarti tinggal dan hidup bersama dengan rabinya supaya mereka melihat, merasakan dan terlibat bagaimana sang guru menghayati imannya. Tuhan menjadikan para murid-Nya sebagai penjala manusia. Itulah yang terjadi pada Andreas; ia meninggalkan segalanya, dan hidup bersama Tuhan Yesus. Dengan tinggal bersama Yesus, Andreas boleh diproses, bertumbuh, dan menjadi rasul bagi bangsa-bangsa di Kapadokia, Galatia, Bitinia, dan meninggal dengan salib silang oleh Aegates, Penguasa Acaya. 

Setiap orang Kristen dipanggil bukan untuk menjadi penggembira atau umat biasa; kita dipanggil menjadi murid. Menjadi murid berarti harus tinggal bersama Sang Guru, melalui sabda, Ekaristi, dan keterlibatan kita dalam hidup menggereja serta pelayanan masyarakat. Kita adalah pewarta full timer, bukan part timer melalui hidup dan karya kita. Kita bukan penikmat dan pengamat hidup beriman dan menggereja. 

Secara konkret, panggilan ini harus dilakukan oleh semua, bukan hanya suami yang terlibat dalam pelayanan, sedangkan istri di rumah; atau sebaliknya, istri aktif dalam pelayanan gereja, suami di rumah dan urusan pekerjaan. Dua-duanya dipanggil menjadi murid. Masih banyak saudara kita yang belum mengenal Kristus, atau belum sungguh mengenal karena pemahaman yang kurang atau salah. Kita bukan menjadi penikmat keselamatan, melainkan kita adalah pewarta keselamatan; pembagi keselamatan yang kita terima. 

Ya Bapa, semoga kami dengan tekun, setia, dan semangat untuk ambil bagian secara penuh dalam karya pewartaan iman. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 NOVEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel