RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 3 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 3 DESEMBER 2023

HARI MINGGU ADVEN I

TAHUN LITURGI BII

Yes. 63:16b-17; 64:1,3b-8; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; 1Kor. 1:3-9; Mrk. 13:33-37.

BcO Yes. 1:1-18

Warna Liturgi Ungu

"Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Renungan 

Bagi bangsa Israel, kehidupan yang penuh damai sejahtera merupakan tanda berkat dari Tuhan yang menyertai mereka. Hal itu terjadi karena mereka setia menjalani hukum-hukum Tuhan dalam hidup sehari-hari. Sebaliknya, keadaan hidup yang terpuruk seperti dijajah dan dibuang merupakan akibat dari perbuatan dosa yang mereka lakukan. Perbuatan dosa membuat relasi manusia dengan Tuhan, dengan sesama, dan alam lingkungan menjadi rusak. 

Nabi Yesaya dalam Bacaan Pertama hari ini menceritakan seruan bangsa Israel meminta pertolongan Tuhan untuk membebaskan mereka dari keadaan hidup yang buruk. Mereka menyadari ketidaksetiaan mereka dan mengharapkan keselamatan yang datang dari Tuhan. "Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu dan oleh karena suku-suku milik pusaka-Mu. Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun sehingga gunung-gunung goyang di hadapan-Mu.' Cerita sejarah bangsa Israel, kejayaan dan kejatuhan mereka, mengajarkan kita untuk senantiasa bergantung pada Tuhan. Tidak hanya pada waktu mengalami kesusahan, tetapi juga kita perlu senantiasa mengandalkan Tuhan ketika mengalami keberhasilan dalam hidup. Seperti itulah kita menghayati nasihat Tuhan Yesus untuk selalu berjaga-jaga. 

Ya Tuhan, kami percaya akan penyertaan-Mu. Jangan biarkan kami tertidur dan jatuh dalam dosa. Akan tetapi, berilah kami kekuatan untuk setia mendengar dan melaksanakan kehendak-Mu sepanjang hidup kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 3 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel