RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 4 DESEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 4 DESEMBER 2023

Yohanes dr Damsyik

Yes. 2:1-5 atau Yes. 4:2-6; Mzm. 122:1-2,3-4a,(4b-5,6-7), 8-9; Mat. 8:5-11.

BcO Yes. 1:21-27; 2:1-5.

Warna Liturgi Ungu

Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita." Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya." Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya." Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,

Renungan 

Sikap perwira di Kapernaum dipuji oleh Tuhan Yesus. Sebagai orang berkuasa, bisa saja ia menyuruh hamba lain untuk mengurus yang sakit. Akan tetapi, sang perwira datang kepada Tuhan Yesus dengan kerendahan hati dan iman yang kuat. la memohon penyembuhan bagi hambanya. "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku. Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh." 

Kerajaan Allah terbuka bagi setiap orang tanpa ada batas budaya dan bangsa. Nabi Yesaya mengungkapkan, segala bangsa akan berduyun-duyun dan banyak suku bangsa akan pergi ke sana. Tuhan Yesus sekali lagi menegaskan hal itu, "Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat, dan duduk makan bersama dengan Abraham, Ishak, dan Yakub di dalam Kerajaan Surga." Namun, hanya mereka yang menanggapi dengan iman akan mengalami Kerajaan Surga. Iman menjadi jawaban manusia atas tawaran rahmat keselamatan yang datang dari Tuhan. Inilah yang ditunjukkan oleh perwira di Kapernaum dan dipuji oleh Tuhan Yesus, "Iman sebesar ini tidak pernah Kujumpai di antara orang Israel." 

Tuhan, kami bersyukur atas iman yang telah Engkau tanamkan dalam hidup kami. Semoga intan itu terus tumbuh dan berbuah dalam ketekunan berbuat baik bagi Engkau dan sesama. Amin.



0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 4 DESEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel