RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 5 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 5 SEPTEMBER 2023

Teresa dr Kalkuta

1Tes. 5:1-6,9-11;

Mzm. 27:1,4,13-14;

Luk. 4:31-37.

Warna Liturgi Hijau

Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras: "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah." Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!" Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar." Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.

Renungan :

Tuhan Yesus berkuasa atas roh-roh jahat, tetapi kita tetap diminta untuk berjaga-jaga. Paulus dalam Bacaan Pertama mengingatkan untuk jangan sampai kita berpikir bahwa semuanya aman dan damai sehingga kita lupa membangun pertahanan kita melawan roh-roh jahat. Roh jahat tidak akan tinggal diam. Dia selalu berusaha memperdaya kita. Sebab itu, jangan sampai kita terlena oleh kesibukan dunia sehingga menjauh dari Yesus. 

Bagaimana kita melawan roh-roh jahat tersebut? Kita tidak dapat melawan mereka dengan kekuatan kita sendiri. Kita butuh bantuan Tuhan dan sesama. Doa, nasihat, teguran dan pendampingan dari sesama sungguh menghindarkan kita jatuh dalam godaan roh jahat. Mati raga pun, misalnya pantang daging atau media sosial pada hari Jumat, dapat membantu. 

Selain itu, kita jangan bermain api. Kita jangan pergi menantang roh jahat, lebih baik kita lari dari padanya. Kita jangan pergi ke tempat-tempat yang membuat kita jatuh ke dalam dosa. Kita perlu menghindarkan mata dari tontonan yang membuat mata kita lapar akan materi. Kita perlu menghentikan pertemanan yang membawa kita ke dalam dosa. Kita jangan ikut dalam pembicaraan yang membangun kebencian terhadap orang lain. Singkatnya, kita lari dari godaan roh-roh jahat dan mendekatkan diri kepada Yesus. 

Ya Bapa kami di dalam surga, jauhkan dari pada kami segala macam pencobaan dan bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 5 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel