RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 SEPTEMBER 2023)

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 6 SEPTEMBER 2023

Hari biasa XXII

Kol. 1:1-8;

Mzm. 52:10,11;

Luk. 4:38-44.

Warna Liturgi Hijau

Kemudian Ia meninggalkan rumah ibadat itu dan pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon demam keras dan mereka meminta kepada Yesus supaya menolong dia. Maka Ia berdiri di sisi perempuan itu, lalu menghardik demam itu, dan penyakit itupun meninggalkan dia. Perempuan itu segera bangun dan melayani mereka. Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Iapun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka. Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias. Ketika hari siang, Yesus berangkat dan pergi ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia, lalu menemukan-Nya dan berusaha menahan Dia supaya jangan meninggalkan mereka. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." Dan Ia memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.

Renungan :

Paulus dalam Bacaan Pertama bersyukur kepada Allah karena pengikut Kristus di Kolose telah berkembang dalam iman, harapan, dan kasih. Ini berkat usaha mereka yang telah memberitakan Injil dengan setia. Kita patut bersyukur karena kerja keras para pewarta Injil, kita boleh mengenal Injil dan menjadi pengikut Kristus dalam Gereja Katolik. Namun, pewartaan Injil tidak boleh berhenti dalam lingkungan atau kelompok kita saja, tetapi ke seluruh dunia. Kita mempunyai tanggung jawab untuk mewartakan Injil ke tempat lain seperti yang dilakukan oleh Yesus dalam Injil hari ini. 

Salah satu bagian dari pewartaan Injil adalah peduli terhadap keadaan orang-orang Katolik di keuskupan lain. Teknologi informatika yang semakin canggih memudahkan kita semakin mengetahui sukacita, keprihatinan dan perkembangan saudara-saudari kita yang ada di keuskupan yang membutuhkan bantuan kita. Jumlah mereka berkurang. Tidak sedikit berpindah agama karena alasan ekonoml. Mereka kekurangan tenaga pastoral dan katekis yang melayani kebutuhan rohani mereka. Masih banyak bangunan gereja yang belum berdinding atau hampir runtuh. 

Semoga hati kita tergerak membantu mereka. Kita dapat ikut mendanai proyek-proyek mereka. Atau kita dapat menjadi relawan tenaga pastoral, katekis, tenaga medis, atau penyuluh pengembang ekonomi untuk beberapa waktu. Dengan demikian, sukacita dan keprihatinan mereka sungguh menjadi sukacita dan keprihatinan kita pula. 

Tuhan Yesus, utuslah para pekerja-Mu supaya murid-murid-Mu semakin bertumbuh dalam jumlah dan kualitas di seluruh Nusantara. Amin.  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel