RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 28 SEPTEMBER 2023

Wenseslaus, Laurensius Ruiz

Hag. 1:1-8;

Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9b;

Luk. 9:7-9.

Warna Liturgi Hijau

Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

Renungan :

Kecemasan dan ketidakpuasan akan muncul jika kita hanya memerhatikan diri kita sendiri. Bacaan Injil hari ini memperlihatkan kecemasan Herodes (Luk. 9:7). Kemungkinan ia cemas karena Yesus menjadi tandingan dalam kekuasaan. Dalam Bacaan Pertama, bangsa Israel tidak puas dengan hidup mereka (Hag. 1 :6) karena mereka memikirkan kenyamanan sendiri dan lupa akan Tuhan. Mereka ingin mendiami rumah-rumah yang dipapani dengan baik, tetapi mereka mengesampingkan rumah Tuhan yang tetap menjadi reruntuhan. Sikap mereka mendahulukan kepentingan sendiri tersebut justru membuat usaha-usaha mereka tidak memuaskan. 

Kecemasan dalam diri kita berkurang, bahkan lenyap jika kita keluar dari diri kita sendiri. Seseorang menjadi cemas karena kesehatan, harta, jabatan, keluarga, dan sebagainya tentang dirinya. Akan tetapi, jika ia mulai memikirkan keadaan orang lain yang lebih buruk dan ia keluar membantunya, ia akan melupakan kecemasannya. 

Demikian juga dengan rasa ketidakpuasan. Ketidakpuasan akan berubah menjadi rasa syukur jika kita keluar dari diri kita sendiri. Kita tidak akan pernah puas dengan apa yang kita miliki dan lakukan jika semuanya demi diri sendiri. Kita perlu memikirkan bahwa harta kita adalah titipan Tuhan dan kesuksesan kita berkat campur tangan Tuhan. Dengan demikian, kita mempunyai alasan kuat untuk bersyukur kepada Tuhan dan berbagi dengan sesama. 

Ya Bapa, berikanlah kami kemampuan untuk selalu bersyukur dan berbagi. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 28 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel