RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 29 SEPTEMBER 2023

HPesta St. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung

Dan 7:9-10.13-14 atau Why 12:7-12a;

Mzm 138:1-2a.2bc-3.4-5;

Yoh 1:47-51.

Warna Liturgi Putih

Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

RENUNGAN:

Kita bersyukur karena Tuhan telah memberi kita banyak penolong, di antaranya ketiga malaikat Agung, yaitu Mikael, Gabriel, dan Rafael. Hari ini, dalam Liturgi Gereja, kita merayakan pesta ketiga Malaikat Agung tersebut. Mereka diutus untuk menolong kita. Kehadiran ketiga malaikat agung tersebut mengingatkan bahwa Tuhan menolong kita dengan berbagai macam cara. Supaya kita lepas dari kuasa setan dan roh jahat, baiklah kita meminta pertolongan Santo Mikael. Tidaklah salah kita berdoa untuk dilepaskan dari kuasa setan, tetapi kita perlu juga memohon kebijaksanaan untuk membedakan gangguan roh jahat dari gangguan jiwa atau mental. Dapat saja seseorang tidak hanya membutuhkan doa, tetapi juga bantuan psikolog atau psikiater. Kita menjadi perpanjangan tangan Tuhan ketika kita membantu sesama menilai bantuan yang sungguh mereka butuhkan. 

Tuhan mengutus Santo Rafael untuk menolong kita dalam perjalanan. Meskipun demikian, kita perlu tetap berhati-hati dalam perjalanan. Rambu-rambu lalu lintas dan peringatan-peringatan di jalan adalah bagian dari pertolongan yang Tuhan berikan. Yesus membutuhkan kita menjadi pewarta Injil-Nya. Kita perlu giat belajar tentang iman kita dan berlatih menggunakan sarana pewartaan. Di samping usaha kita tersebut, kita butuh bantuan rohani dari malaikat agung Santo Gabriel supaya kita diberikan keberanian dan kebijaksanaan dalam mewartakan Injil. 

Ya Bapa, berkatilah para psikolog dan psikiater. Semoga pekerjaan mereka membesarkan kemuliaan nama-Mu di dunia. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel