RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 30 SEPTEMBER 2023

Peringatan Wajib St. Hieronimus

Za. 2:1-5,10-11a;

MT Yer. 31:10,11-12ab,13;

Luk. 9:43b-45;

Warna Liturgi Putih

Maka takjublah semua orang itu karena kebesaran Allah. (9-43b) Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

RENUNGAN:

Kadang kita seperti para murid yang tidak mengerti perkataan dan perbuatan Tuhan. Kehendak janji Tuhan sepertinya jauh dari pemahaman kita. Di tengah kebingungan, kita perlu tetap percaya bahwa Tuhan selalu menginginkan yang baik bagi kita. Tuhan tidak akan membiarkan kita selamanya dalam ketidakmengertian. Awalnya para murid tidak mengerti perkataan Yesus ini: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia" (Luk. 9:44). Akan tetapi, sesudah kebangkitan-Nya mereka mengerti bahwa Tuhan akan mempertaruhkan nyawa-Nya demi keselamatan manusia. 

Kadang kita juga mempertanyakan kehadiran Tuhan dalam hidup kita. Dalam kesulitan dan penderitaan, kadang kita merasa Tuhan tidak ada. Dalam situasi seperti itu, hendaknya kita mengingat janji Tuhan dalam Bacaan Pertama, "Bersorak-sorailah dan bersukarialah, sebab sesungguhnya Aku datang dan tinggal di tengah-tengahmu" (Zak. 2: 10). Kita perlu tetap percaya bahwa Tuhan tidak melupakan janji-Nya. Mari kita mengingat janji Tuhan yang sudah terpenuhi dalam hidup kita. Ke depannya tentunya akan lebih banyak lagi bagi orang yang percaya. 

Dalam peziarahan kita menuju tanah surgawi, janganlah kita berhenti dalam ketidakpahaman kita atau perasaan ditinggalkan oleh Tuhan. Kita perlu aktif mencari jawaban atas pertanyaan kita dengan membaca Kitab Suci, katekismus, dokumen Gereja, tulisan santo-santa, dan buku rohani. 

Tuhan, tambahkanlah iman kami agar dapat memahami makna. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 30 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel