RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 27 SEPTEMBER 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 27 SEPTEMBER 2023

St. Vinsensius a Paulo

Ezr. 9:5-9;

MT Tb. 13:2,3-4a,4bcd,5,8;

Luk. 9:1-6;

BcO Yes. 7:1-17.

Warna Liturgi Putih

Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit.Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Renungan 

Dalam penderitaan dan kekurangan, Tuhan tetap memelihara kita dengan mengutus orang-orang baik untuk menolong kita. Bacaan pertama hari ini melukiskan bagaimana Tuhan meringankan penderitaan orang Israel di tanah pembuangan lewat orang lain, yaitu raja-raja Persia. Bacaan Injil juga menggambarkan hal yang sama bagaimana kebutuhan para murid Yesus dipenuhi oleh Tuhan lewat orang lain. 

Kebaikan Tuhan kadang melampaui pemahaman kita. Tuhan berbuat baik kepada kita lewat siapa saja. Jika Tuhan berbuat baik kepada kita lewat orang-orang yang kita kenal misalnya keluarga, teman, tetangga dan rekan kerja, itu hendak menyatakan bahwa kebaikan yang kita tabur akan menuai kebaikan pula. Jika Tuhan berbuat baik kepada kita lewat orang-orang yang kita tidak kenal atau kita tidak suka, Tuhan hendak mengajar kita untuk rendah hati. Tuhan hendak menyatakan bahwa setiap orang punya potensi untuk berbuat baik. 

Selain itu, kebaikan Tuhan tidak dapat dibatasi pada orang atau kelompok tertentu. Dia tidak hanya berbuat baik kepada mereka yang mencintai-Nya, tetapi juga mereka yang menolak-Nya. Mampukah kita memancarkan kebaikan-Nya itu kepada siapa saja, termasuk yang membenci kita? 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 27 SEPTEMBER 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel