RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 9 AGUSTUS 2023

Teresia Benedikta dr Salib

Bil. 13:1-2a,25 - 14:1,26-29,34-35;

Mzm. 106:6-7a,13-14,21-22,23;

Mat. 15:21-28.

Warna Liturgi Hijau

Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Renungan :

Tanah terjanji sungguh berlimpah susu dan madu. Kotanya kuat dan penduduknya seperti raksasa. Orang Israel merasa diri seperti belalang di hadapan lawannya. Mereka sudah kalah sebelum bertempur. Mereka lupa pada kekuatan Tuhan yang selama ini sudah menuntun mereka keluar dari perbudakan Mesir. Bukannya berharap dan memercayakan diri pada keperkasaan Tuhan, mereka malahan bersungut-sungut. Mereka menunjukkan diri sebagai orang-orang yang kehilangan iman dan pengharapan. Akhirnya, mereka dihukum Tuhan dan tidak selamat. 

Berbanding terbalik dengan iman seorang perempuan yang justru datang dari tanah Kanaan. la tidak putus asa ketika didiamkan Yesus. la terus memohon supaya anaknya dibebaskan dari setan. Bahkan, ketika ditolak terang-terangan, la tidak bersungut-sungut dan kehilangan kepercayaan. la mempertontonkan imannya yang sangat besar. Akhirnya, anaknya pun selamat. Tantangan kerap melemahkan iman dan membuat kita bersungut-sungut. Bersungut-sungut menghancurkan relasi kita dengan Tuhan dan merusak kebersamaan sebagai bangsa dan komunitas. Jika hilang iman dan bersungut-sungut, maka perselisihan dan perpecahan akan terjadi. Mari kuatkan iman kita pada Tuhan di hadapan aneka tantangan. 

Ya Tuhan, kuatkan iman kami dan jauhkan kami dari sikap bersungut-sungut. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel