RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 10 AGUSTUS 2023

Pesta St. Laurensius

2Kor. 9:6-10; 

Mzm. 112:1-2,5-6,7-8,9;

Yoh. 12:24-26.

Warna Liturgi Merah

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

RENUNGAN

Santo Laurensius adalah seorang diakon yang setia. Ketika Paus Sixtus Il ditangkap serdadu Roma, ia bertekad menemaninya sampai mati. la berkata: "Tak pantas seorang imam agung Kristus pergi tanpa didampingi diakonnya." Sebagai pengurus harta gereja untuk orang miskin, ia dipaksa menyerahkan kekayaan gereja kepada kekaisaran Romawi. Namun, yang ia lakukan justru membagikannya kepada orang miskin dan membawa orang-orang miskin itu kepada kaisar dan berkata: "Inilah harta kekayaan Gereja yang saya jaga, terimalah dan peliharalah dengan sebaik-baiknya." Akhirnya ia dipanggang di atas terali besi panas sampai wafat. 

Santo Laurensius adalah biji gandum yang jatuh ke tanah, Ialu mati dan menghasilkan buah. Dialah yang tidak mencintai nyawanya di dunia ini dan memeliharanya untuk hidup kekal. Dialah pelayan Kristus yang melayani Tuhan dengan memberi seluruh dirinya. la sungguh berbagi seluruh hidupnya dengan penuh sukacita. Di hadapan egoisme manusiawi dan semangat ingat diri kita sebagai manusia, tentu tidak mudah menjadi seperti Santo Laurensius. Akan tetapi, jalan kasih adalah memberi dan berbagi dengan sukacita. Siapa ingin memiliki kasih dan sukacita sejati, tidak bisa memilih jalan Iain selain menunjukkan jalan kesetiaan dan pengorbanan demi kebahagiaan sejati. 

Ya Tuhan, ajarlah kami bersikap rendah hati, berkorban dan berbagi dengan sukacita. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel