RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 11 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 11 AGUSTUS 2023

Peringatan Wajib St. Klara

Ul. 4:32-40;

Mzm. 77:12-13,14-15,16,21;

Mat. 16:24-28;

Warna Liturgi Putih

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

RENUNGAN

Perjalanan panjang bangsa Israel merupakan kisah keterlibatan dan kehadiran Allah. la memperdengarkan suara-Nya dari langit dan menyelamatkan bangsa-Nya dengan tangan kuat dan lengan yang teracung. Dialah Allah yang di langit dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain. Di hadapan Allah yang sedemikian, tugas umat Israel adalah berpegang pada ketetapan dan perintah-Nya. 

Berpegang pada ketetapan dan perintah-Nya berarti taat pada kehendak-Nya, bukan pada keinginan sendiri. Inilah yang disabdakan Yesus dengan "menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikuti Aku." Setiap pengikut-Nya harus berpegang pada ketetapan-Nya, bukan mencari diri sendiri, melainkan secara total memberikan nyawanya. 

Inilah jalan yang ditempuh Santa Klara dari Assisi: totalitas. la berpegang pada ketetapan dan perintah-Nya. Dia memilih menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti Yesus secara total. la meninggalkan segala hak, kemewahan dan kehormatan duniawi sebagai seorang putri bangsawan dan hidup miskin demi Kerajaan Allah. Terinspirasi dari cara hidup sahabatnya Santo Fransiskus dari Assisi, Santa Klara memberikan kesaksian atas totalitas hidup dalam kesatuan dengan kasih Allah yang mengasihi kita secara paripurna dalam diri Yesus. Mari berjuang untuk semakin total sebagai pengikut Yesus yang setia. 

Ya Tuhan, ajarlah kami semakin mengasihi-Mu secara total. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 11 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel