RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 16 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 16 AGUSTUS 2023

Stefanus dr Hungaria

Ul. 34:1-12;

Mzm. 66:1-3a,5,8,16-17;

Mat. 18:15-20.

Warna Liturgi Hijau

"Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Renungan 

Orang Israel terhimpun sebagai bangsa yang dipimpin Musa. Mereka berjalan bersama sebagai persekutuan. Mereka tidak berjalan sendiri-sendiri, tetapi sebagai bangsa yang mendengarkan sabda-Nya. Sebagai bangsa, mereka tidak tercerai-berai ketika Musa, sang pemimpin, meninggal, meski memang mereka menangisinya sampai tiga puluh hari. Mereka tetap bersatu sebagai bangsa karena Tuhan hadir di tengah-tengah mereka. Tuhanlah yang menganugerahi Yosua Roh kebijaksanaan, sehingga dapat memimpin bangsa Israel sesuai perintah Tuhan kepada Musa. 

Dalam pengajaran-Nya, Yesus menggarisbawahi pentingnya kesatuan, kebersamaan dan persekutuan sebagai komunitas sebagaimana dialami Israel sebagai bangsa. Bahkan kepentingan ini digunakan untuk menjelaskan tentang perlakuan terhadap seorang saudara yang berbuat dosa. Kehadiran dua-tiga orang dan jemaat menjadi sangat penting untuk menegur, memberi nasihat dan bersikap tegas dalam lingkup komunitas. Lagi pula, Yesus menegaskan, "Di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." 

Tuhan sungguh hadir dalam kebersamaan kita sebagai orang beriman. Marilah kita selalu berjalan bersama penuh keyakinan karena Tuhan, Sang Immanuel, menyertai perjalanan kita. 

Ya Tuhan, kuatkan kami agar selalu berjalan bersama karena Engkau ada di tengah kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 16 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel