RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 17 AGUSTUS 2023

HARI RAYA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

Sir. 10:1-8;

Mzm. 101:1a,2ac, 3a,6-7;

1Ptr. 2:13-17;

Mat. 22:15-21.

Warna Liturgi Putih

Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

Renungan :

Setiap 17 Agustus, bangsa Indonesia bersyukur atas kemerdekaan. Syukur karena bebas dari penjajahan bangsa lain dan berhak menentukan nasib sendiri. Syukur boleh berjalan bersama meski banyak perbedaan; "Bhinneka Tunggal Ika". Berbeda tetapi satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air, Indonesia. Kita juga berdoa supaya seluruh komponen bangsa ini taat dan setia pada komitmen kebangsaan. Pemerintah dan seluruh rakyat taat pada kesepakatan bersama berlandaskan Pancasila dan setia pada komitmen bersama. 

Ketaatan sedemikian ditunjukkan Yesus ketika berhadapan dengan 'jebakan' orang Farisi bersama orang-orang Herodian yang memaksa-Nya memilih membayar pajak kepada Kaisar atau tidak! Menjawab iya, mereka akan menuduh-Nya takluk pada kaisar dan tidak membela bangsa-Nya sendiri. Jawaban 'tidak' akan menjadi alasan menuduh-Nya tidak taat kepada Kaisar. 

Yesus sungguh bijak dan mengajarkan ketaatan dan komitmen baik kepada Allah maupun kepada pemerintah. Ketaatan dan komitmen seperti inilah yang menyelamatkan bangsa dan meneguhkan iman akan Allah. Karena di tengah masyarakat dan bangsa, setiap orang beriman harus memberi kesaksian dan menjadi garam dan terang keselamatan. Mari kita rayakan hari kemerdekaan dengan membarui ketaatan dan komitmen kepada Allah dan negara. 

Ya Tuhan, kuatkan kami agar selalu menjadi warga negara dan umat beriman yang taat. Amin.  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel