RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 15 AGUSTUS 2023

Tarsisius (Warna Liturgi Hijau)

Ul. 31:1-8;

MT Ul. 32:3-4a,7,8,9,12;

Mat. 18:1-5,10,12-14.

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Renungan :

Suksesi kepemimpinan Musa kepada Yosua berlangsung aman dan damai. Musa menyerahkan tugas dan wewenang dengan tanpa masalah. Mengapa pergantian kepemimpinan berjalan sukses? Karena yang sebenarnya diganti itu "pemimpin di lapangan" dan bukan pemimpin yang paling besar dan paling utama. Tuhan Allah tetap Pemimpin yang akan berjalan di depan orang Israel memasuki tanah terjanji dan Yosua menjadi "pemimpin lapangan." Suksesi tidak terjadi karena berebut kuasa atau yang terbesar, tetapi lewat proses pengalihan dalam kuasa Tuhan. 

Semangat suksesi Musa ke Yosua ini sepertinya tidak dipraktikkan para murid Yesus. Mereka sibuk bertanya tentang "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga." Dan Yesus pun menjelaskan sambil menempatkan seorang anak kecil dan menyatakan bahwa yang terbesar dalam Kerajaan Surga ialah mereka yang merendahkan diri dan menjadi seperti seorang anak kecil. Dalam Kerajaan Surga tidak ada yang terbesar dan terkecil; tidak ada yang tersisihkan bahkan hilang. Semuanya mendapatkan kasih Bapa. la mencari dan menyelamatkan, laksana gembala yang pergi mencari satu domba yang tersesat. Dan la bersukacita jika domba itu ditemukan. Kita semua diajak bersukacita bersama-Nya dalam persaudaraan yang setara. 

Ya Tuhan, ajarlah kami untuk tidak sibuk menjadi yang terbesar, tetapi berjuang untuk membangun persaudaraan yang saling meneguhkan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel