RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 4 AGUSTUS 2023

Peringatan Wajib St. Yohanes Maria Vianney (Putih)

Im. 23:1,4-11,15-16,27,34b-37;

Mzm. 81:3-4,5-6ab,10-11ab;

Mat. 13:54-58;

Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

RENUNGAN:

Fokus merujuk pada konsentrasi dan pusat perhatian. Biasanya fokus pada sesuatu menunjukkan kepentingannya. Fokus pada makanan, berarti makanan sungguh amat penting. Kepada Musa, Tuhan menetapkan hari-hari pertemuan Kudus yang harus dijalankan bangsa Israel: Paskah, Roti tidak beragi, Persembahan hasil tuaian pertama, Pondok Daun, dan Hari Raya Perkumpulan. Tuhan hendak menarik perhatian bangsa Israel untuk fokus kepada-Nya. Setiap perayaan diwarnai persembahan dan pertemuan kudus. Bahkan masih ditambahkan keterangan "Janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat." Bangsa Israel diminta tidak berpaling kepada allah lain, tetapi fokus kepada Allah. 

Orang-orang sekampung Yesus gagal fokus. Mereka bukan fokus pada apa yang diajarkan Yesus, melainkan pada asal-usul hikmat, kuasa dan latar belakang Yesus. Mereka fokus mencari kelemahan bukan pada Kuasa Allah yang bekerja di dalam diri Yesus. Santo Yohanes Maria Vianney yang kita peringati hari ini adalah imam yang dipandang banyak kelemahan. Tetapi, ia tidak fokus pada kelemahannya. la fokus kepada Tuhan. Karena itu ,ia menjadi imam saleh yang membawa banyak jiwa ke surga. Marilah kita bangun persaudaraan hidup sejati dengan fokus cinta kepada Tuhan dan sesama. 

Ya Tuhan bantulah kami untuk fokus pada cinta bagi-Mu dan sesama. Semoga kami selalu mengarahkan diri kepada-Mu. Amin 


0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel