RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN 3 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN 3 JULI 2023

Pesta St. Thomas, Rasul

Ef. 2:19-22; Mzm. 117:1,2; Yoh. 20:24-29.

BcO Kis. 5:12-32 atau 1Kor. 17- 2:5 atau 1Kor. 4:1-16.

(Warna Liturgi Merah)

Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Renungan:

Santo Tomas Rasul memberi kesan kurang positif karena menjadi orang yang sulit percaya, sedangkan rasul lain percaya bahwa Yesus yang disalib itu tetap hidup. Lalu, Yesus datang dan tidak hanya memperlihatkan tangan dan Iambung-Nya, tetapi juga mengajak Santo Tomas untuk menaruh jari ke dalam tangan dan Iambung-Nya. Akhirnya Santo Tomas percaya dan menjawab Dia, "Ya Tuhanku dan Allahku!" (Yoh. 20:28). 

Sikap Santo Tomas mudah dikenal kembali oleh kita yang sering kali menuntut tanda bukti nyata. Banyak orang sekarang sulit menerima sesuatu yang adikodrati bila tidak melihat tanda yang nyata. Hendaknya bersama Santo Tomas, kita dapat melepaskan syarat-syarat yang tidak sesuai. Melebihi Tomas itu, kita percaya tanpa melihat penampakan Yesus, dan justru karena itu kita dinyatakan bahagia. "Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah " (Ef. 2: 19). 

Ya Tuhan, ajarlah kami untuk selalu rendah hati dan terbuka terhadap misteri-Mu yang tak terselami. Kami percaya, Engkau selalu hadir di tengah-tengah kami dan Menuntun kami pada kebenaran sejati. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN 3 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel