RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 AGUSTUS 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 1 AGUSTUS 2023

PEKAN BIASA XVIII

Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori (PUTIH)

Kel. 33:7-11; 34:5b-9,28;

Mzm. 103: 6-7,8-9,10-11,12-13;

Mat. 13:36-43;

Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-murid-Nya datang dan berkata kepada-Nya: "Jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu." Ia menjawab, kata-Nya: "Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia; ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat. Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat. Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Renungan :

Yesus mengabulkan permintaan para murid untuk menjelaskan perumpamaan tentang lalang di antara gandum. Semua jelas, namun kata penutup-Nya mengusik para murid dan kita: "Barang siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar." Kita bertelinga, maka kita harus mendengar agar layak menjadi 'benih gandum baik' yang tumbuh di ladang dunia. 

Paus Fransiskus dalam pesannya pada Hari Komunikasi ke-56 tahun 2022, menyebut umat manusia mulai kehilangan kemampuan mendengarkan. Padahal mendengarkan dan didengarkan adalah dasar komunikasi dan relasi. Karena itu, Bapa Suci mengajak kita untuk mendengarkan dengan telinga hati. Mendengarkan bukan hanya dengan telinga fisik, melainkan juga dengan hati tulus penuh cinta agar terbangun persekutuan yang harmonis. Seperti Tuhan yang penuh kasih senantiasa mencondongkan telinga, mendengarkan dan membangun relasi kasih dengan umat manusia. 

Musa mendengarkan Tuhan yang berbicara kepadanya seperti 'seorang berbicara kepada temannya'; Santo Alfonsus Maria de Liguori yang kita rayakan hari ini juga, mendengarkan suara Tuhan yang memanggilnya menjadi imam yang kudus. Marilah kita juga mendengarkan Tuhan dan saling mendengarkan satu sama lain untuk membangun persekutuan hidup bersama yang harmonis. 

Ya Tuhan, ajarlah kami hari ini untuk rendah hati dan lebih suka mendengarkan daripada didengarkan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 AGUSTUS 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel