RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 31 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 31 JULI 2023

PEKAN BIASA XVII

PW. St. Ignatius dr Loyola (Putih)

Kel. 32:15-24,30-34

Mzm. 106:19-20,21-22,23;

Mat. 13:31-35

Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya." Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya." Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan suatupun tidak disampaikan-Nya kepada mereka, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan."

Renungan :

Dalam Bacaan Pertama hari ini, kita diperlihatkan bahwa usaha Allah membimbing dan menuntun umat Israel itu tidaklah mudah. Salah satunya karena bangsa Israel terkadang tergoda untuk memilih menyembah allah lain saat kondisi tidak menentu. Apa yang menjadi perilaku bangsa Israel itu mungkin menjadi cerminan hidup kita saat ini. Penghayatan iman yang ingin kita jalankan terkadang terhenti oleh karena kondisi tertentu. Dalam kondisi sulit, kita mungkin akan lebih memilih menyerah daripada bertahan dalam pengharapan iman. Hal itulah yang terkadang membuat hidup iman kita tidak dapat bertumbuh dan berbuah dalam kehidupan sehari-hari. 

Bacaan Injil mengingatkan kembali kepada kita bahwa sekecil apa pun pengalaman iman yang kita dapat jika kita mau menjaga dan merawatnya pasti akan berdampak besar bagai biji sesawi (Mat. 13:31 Buktinya kita bisa lihat dari kehidupan Santo Ignasius Loyola. Pengalaman rohani Santo Ignasius saat masuk rumah sakit akibat terkena bom membuat hidupnya berubah pesat. Sejak saat itu, Ignasius sebagai orang yang selalu ingin tenar menjadi banyak melakukan dan mengusahakan olah rohani. Santo Ignasius akhirnya menjadi tokoh besar yang memberi warisan berharga untuk pelayanan Gereja yakni panduan latihan rohani melalui pengalamannya tersebut. 

Tuhan, kuatkanlah kami agar dapat mengikuti iman dalam kondisi apa pun. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 31 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel