RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 23 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 23 JULI 2023

MINGGU BIASA XVI (HIJAU)

Hari Orangtua, Kakek dan Nenek Sedunia

Keb. 12:13,16-19;

Mzm. 86:5-6,9-10,15-16a;

Rm. 8:26-27;

Mat. 13:24-43 (panjang) atau Mat. 13:24-30 (singkat)

Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

RENUNGAN:

“Siapa bertelinga hendaklah ia mendengar!" (Mat. 13:43b). Hidup pada era digital dengan kemajuan teknologi amat cepat membuat manusia menerima banjir informasi dalam waktu singkat. Hal ini membuat manusia cepat menerima informasi dan kemudian membagikannya tanpa dipilah-pilah lebih dahulu, mana fakta dan mana hoaks. Banyak orang menjadi pribadi reaktif, mudah terbawa amarah atau mudah tersinggung karena pengaruh kecepatan informasi dan kedangkalan berpikir sehingga membuat hidup mengalir begitu saja. Namun, Tuhan Yesus mengajak kita untuk tidak gegabah dalam hidup, tetapi memutuskan dan bertindak dengan sabar dan bijaksana (lih. Mat. 13:30a). 

Manusia pada era digital ini termasuk kita perlu belajar untuk sabar dan bijaksana. Sabar adalah saat kita memberikan waktu untuk mengamati, mendengarkan dengan saksama, membaca situasi dan belajar memahami sesama serta lingkungan kita. Bijaksana adalah saat kita mau mendengarkan dengan saksama, membaca secara lengkap dan teliti, serta berpikir lebih mendalam sebelum mengambil keputusan atau bertindak. Kita dapat mengikutsertakan Roh Kudus agar dapat memaknai hidup kita lebih dalam. Akhirnya, kita dapat berdoa kepada Tuhan dan hidup dalam tuntunan Roh Kudus (lih. Rm. 8:26). 

Tuhan Yesus, ajarlah kami untuk mengikutsertakan Roh Kudus dalam hidup kami sehingga kami sabar dan bijaksana dalam hidup ini. Amin.  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 23 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel