RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 24 JULI 2023

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Sharbel Makhluf

Kel. 14:5-18;

MT Kel. 15:1-2,3-4,5-6;

Mat. 12:38-42.

Pada waktu itu Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus! Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

Renungan :

Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini?" (Kel. 14:11). Bangsa Israel memprotes Musa karena menyangka ia membawa mereka keluar dari Mesir untuk membinasakan mereka. Akan tetapi, Allah kemudian membebaskan mereka melalui laut yang kering (Kel. 15-18). Betapa cepatnya kita menyalahkan Tuhan ketika kita tidak dapat memahami rencana-Nya yang tidak cocok dengan keinginan kita. Tidak jarang kita menjadi gelap mata dan bersikap seperti para ahli Taurat dan orang Farisi yang tidak pernah puas dengan teladan Yesus dan selalu meminta tanda (Mat. 12:38). 

Dalam berbagai kesempatan, tampaknya yang dibutuhkan bukanlah tambahan tanda dari Allah, melainkan hati yang peka melihat kehadiran Allah. Kita melewatkan berkat dan tanda dari Allah yang sedang menyapa karena kita terbiasa tergesa-gesa menilai segala sesuatu. Sekali waktu kita perlu berhenti sejenak, menenangkan diri dan mencermati karya Allah dalam hidup kita seperti umat Israel di tepi pantai setelah menyeberangi Laut Teberau, sehingga mereka mampu menyatakan "TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, la telah menjadi keselamatanku" (Kel. 15:2). 

Tuhan, ajarlah kami untuk berani 'berjalan' sedikit lebih lambat agar kami tidak sampai melewatkan setiap berkat yang sudah Engkau anugerahkan sepanjang perjalanan hidup kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel