RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 27 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 27 JULI 2023

Hari Biasa XVI (Hijau)

Kel. 19: 1-2,9-11,16-20b;

Mazmur: Dan. 3:52,53,54,56; 

Mat. 13:10-17.

Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?" Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

RENUNGAN:

Kehadiran Allah yang dirasakan oleh bangsa Israel menggetarkan seluruh bangsa yang ada di perkemahan (Kel. 19: 16). Demikian juga "Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dengan asap, karena Tuhan turun ke atasnya dalam api; asapnya membubung seperti asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat" (Kel. 19:18). Hal ini tidak serta merta membuat bangsa Israel percaya dan setia kepada Allah. Dalam perjalanannya, sebagian dari bangsa ini berbalik dan tidak setia kepada Allah. 

Hal yang sama diungkapkan Yesus untuk mengomentari sikap bangsa Israel pada masa-Nya. "Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup" (Mat. 13:15). Dapat dibayangkan bahwa Allah yang menampakkan diri, bahkan sampai menggetarkan Gunung Sinai, tidak membuat bangsa Israel percaya dan setia kepada Allah. Kehadiran Yesus dengan berbagai ajaran dan mukjizat-Nya tidak mampu juga membuat bangsa Israel percaya. Bagaimana dengan kita yang tidak melihat dan tidak mendengar langsung dari Allah dan dari Yesus, masihkah kita tetap percaya kepada Allah dan Putra-Nya? 

Tuhan Yesus, semoga kami selalu diberikan iman yang kuat untuk tetap percaya kepada Allah. Bukalah mata dan telinga kami agar mampu melihat dan mendengar karya kasih-Mu dalam hidup kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 27 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel