RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 28 JULI 2023

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Hari Biasa

Kel. 20:1-17;

Mzm. 19:8,9,10,11;

Mat. 13:18-23.

Karena itu, dengarlah arti perumpamaan penabur itu. Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan. Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad. Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."

RENUNGAN:

Kitab Keluaran menjelaskan 10 perintah Allah yang diturunkan bagi umat Israel. Perintah Allah merupakan aturan yang diturunkan Allah sebagai patokan hidup beriman yang baik. Ada perintah (hormatilah, kuduskanlah)), juga ada larangan (jangan membunuh, jangan bersaksi dusta, jangan..). Bunyinya jelas sehingga mudah dipahami. Sering kali dalam kehidupan kita ada godaan untuk mengakali Allah. Ada larangan jangan bersaksi dusta, akan tetapi kita bisa menggunakan akal budi (rasionalisasi), membuat alasan-alasan, kita melakukannya demi alasan kebenaran. 

Allah tidak menghendaki manusia mengakali perintah-Nya. Yang dikehendaki Allah adalah setia dan taat pada perintah-Nya. Penginjil Matius hari ini mengingatkan kita tentang jenis-jenis tanah yang ditaburkan benih kebaikan. Semua benih adalah baik, akan tetapi tumbuh atau tidaknya benih tersebut tergantung hati kita. Benih kebaikan telah ditabur ke dalam hati kita, apakah kita mau menjadi tanah yang baik? Ataukah kita memilih menjadi tanah yang berbatu, menghimpit benih kebaikan lalu mati? 

Tuhan Yesus, semoga kami bisa belajar menjadi tanah yang baik. Berkatilah agar benih kebaikan tumbuh dalam hati kami, supaya kami bisa menjadi baik seperti Engkau. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel