RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 29 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 29 JULI 2023

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Peringatan Wajib St. Marta, Maria dan Lazarus

1 Yoh. 4:7-16;

Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9,10-11;

Yoh. 11:19-27 atau Luk. 10:38-42.

Warna Liturgi Putih 

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

RENUNGAN:

Hari ini adalah Peringatan Wajib Santa Marta, Maria, dan Lazarus. Gereja memperingati ketiganya dengan tujuan mengingatkan kita akan peristiwa Lazarus yang dibangkitkan Yesus. Penginjil Yohanes mengisahkan bukan hanya Lazarus yang memperoleh kebangkitan badan, melainkan juga Marta dan Maria yang mengalami kebangkitan rohani. Mereka mengalaml pembaruan iman. Keyakinan bahwa Yesus adalah kebangkitan dan hidup menjadi amat nyata di dalam pengalaman hidup mereka. 

Percaya pada kebangkitan badan dan kehidupan kekal adalah suatu hal yang menjadi keraguan bagi kita manusia yang masih hidup, karena pengalaman itu hanya terjadi satu kali ketika kita sudah mati. Sebelum mengalami kematian, kita tidak akan sampai pada pengalaman kebangkitan dan kehidupan kekal. Iman kita mengatakan orang yang sudah mati akan memasuki kehidupan kekal, masuk dalam Kerajaan Surga. Maria dan Marta adalah kita yang sedang berduka karena saudara yang meninggal. Pergi kepada Yesus dan memohon keselamatan kekal padanya adalah satu-satunya jalan untuk mendapat jawaban untuk saudara kita yang meninggal supaya masuk ke dalam hidup kekal dan mengalami kebangkitan badan. 

Tuhan Yesus, Engkaulah kebangkitan dan hidup. Semoga kami semakin bertekun dalam iman, semakin yakin bahwa hidup kita akan sampai ke surga dalam kehidupan kekal seperti Lazarus. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 29 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel