RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 JULI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 21 JULI 2023

PEKAN BIASA XV (HIJAU)

Laurensius dr Brindisi

Kel. 11:10-12:14;

Mzm. 116:12-13,15-16bc,17-18;

Mat. 12:1-8.

Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya. Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat." Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam? Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah? Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah. Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah. Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

RENUNGAN

“Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?" (Mzm. 1 16: 13). Adakah dari kita yang tidak pernah merasakan kebaikan Tuhan? Tentu saja semua hal yang kita alami dalam hidup merupakan bentuk kasih Tuhan terhadap manusia. Kasih-Nya yang begitu besar terhadap manusia membuat manusia tidak akan mampu mengukur betapa dalam kasih Tuhan. 

Napas kehidupan setiap kali kita bangun pagi hari merupakan bentuk kasih-Nya. Lantas, bagaimana kita bisa membalas kasih Tuhan pada kita? "Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya" (Mzm. 116:13). Kita sadar bahwa kita adalah manusia berdosa yang amat dikasihi-Nya, maka marilah kita mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati. Berusaha untuk melakukan segala hal baik setiap hari yang menyenangkan hati Tuhan dan sesama. Hal konkret yang dapat kita lakukan untuk membalas kasih Tuhan, yakni rajin berdoa, rajin beribadah ke gereja, membaca Alkitab, mempersembahkan talenta yang kita punya untuk melayani Tuhan, dan berbuat kasih kepada sesama di sekitar kita. Tuhan sendiri menghendaki agar kita penuh kasih pada-Nya dan sesama. "Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan" (Mat. 12: 7b). 

Tuhan Yesus, biarlah kasih-Mu tinggal abadi di dalam hati kami. Ajarlah kami untuk mengasihi sesama seperti Engkau mengasihi kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 JULI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel