RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 6 MEI 2023

OKTAF PASKAH IV (PUTIH)

BACAAN I: Kis. 13:44-52

MAZMUR: : 98:1.2-3b.3c-4

BACAAN INJIL: Yohanes. 14:7-14

Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

RENUNGAN:

Akhir-akhir ini, istilah haters atau pembenci semakin mengemuka. Dalam segala hal, apa pun perbuatan seseorang, haters rasanya selalu ada. Santo Paulus dan Santo Barnabas mengalami penolakan dari haters. Bahkan, orang-orang yang tidak menyukai mereka menghasut orang banyak untuk menolak kedua rasul itu. Alasan "haters" dikatakan dengan jelas, yaitu mereka menolak karena iri hati. Ketika hati digelapkan oleh hal-hal negatif, seperti iri, dengki, kesombongan karena merasa diri terhormat atau suci, prasangka buruk, dan lainnya; maka orang cenderung tidak mau memberi kesempatan pada orang-orang yang membawa hal baik kepadanya. 

Namun, ada juga orang yang dikatakan bukan orang yang layak justru menerima pewartaan para rasul. Buah keterbukaan mereka adalah sukacita. Hati yang terbuka untuk percaya membuahkan sukacita. Tuhan Yesus menegaskannya dalam Injil bahwa mereka yang percaya akan mengalami dan melakukan hal-hal yang besar dalam kuasa Tuhan. Kita mohon rahmat keterbukaan hati agar kita tidak menjadi haters, tetapi penerima dan pelaksana sabda Tuhan yang penuh sukacita. 

Bapa Yang Mahabaik, jauhkanlah kami dari kesombongan dan iri hati. Mampukanlah kami untuk selalu berpikir dan bersikap baik terhadap sesama. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel