RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 5 MEI 2023

OKTAF PASKAH IV (PUTIH)

BACAAN I : Kis.13:26-33

MAZMUR: 2:6-7.8-9.10-11;

BACAAN INJIL: Yohanes 14:1-16

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

RENUNGAN:

Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu." Sabda yang indah tersebut tentu Abukan hanya sebuah penghiburan belaka bagi para murid yang akan ditinggalkan dan merasa kehilangan. Lebih dari sekadar kata perpisahan, sabda tersebut adalah warta keselamatan yang kemudian tergenapi dalam peristiwa Paskah Kristus. Wafat dan kebangkitan Kristus adalah jaminan keselamatan bagi orang beriman. Demikianlah Santo Paulus meyakinkan umat di Antiokhia akan makna wafat dan kebangkitan Kristus. 

Santo Paulus menggarisbawahi iman Gereja bahwa Paskah Kristus menjadikan kita anak-anak terkasih Bapa. Sebagai anak-anak Bapa, rumah-Nya adalah juga tempat kediaman kita. Dalam rumah itu "ada banyak tempat" dan yang terpenting di dalam rumah itu kita akan senantiasa bersatu dengan Kristus: "Di mana Aku berada, di situ kamu berada." Kita memohon rahmat Tuhan supaya semakin diteguhkan dalam iman tersebut sampai kita kelak mengalami janji keselamatan Tuhan itu. 

Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau begitu menyayangi kami. Teguhkanlah iman dan harapan kami akan janji keselamatan-Mu supaya sukacita nyata dalam diri kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel