RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 7 MEI 2023

HARI MINGGU PASKAH V (PUTIH)

BACAAN I : Kis. 6:1-7

MAZMUR : 33:1-2.4-5.18-19;

BACAAN II : 1Ptr. 2:4-9

BACAAN INJIL: Yohanes 14:1-12

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

RENUNGAN:

Kesejahteraan sebuah komunitas atau masyarakat tentu mengandaikan keterlibatan banyak dalam aneka aspek kehidupan. Seorang pemimpin, sehebat apa pun dirinya, tidak akan mampu memikul sendirian seluruh anggotanya. Para rasul Kristus pun rupanya memiliki dalam pelayanan bagi jemaat. Alhasil, sebagian orang bersungut-sungut karena tidak puas akan pelayanan para rasul. Namun, tidak ada komunitas atau masyarakat yang akan bertumbuh baik bila anggotanya hanya mengamati, berkomentar, tetapi tidak bergerak terlibat atau melakukan langkah solutif. Semua orang bisa bersungut-sungut, namun belum tentu semua bisa Ikut terlibat menemukan solusi yang baik. 

Maka, para rasul yang menyadari keterbatasan mereka mengundang lebih banyak orang dengan memilih diakon-diakon untuk melayani orang miskin dan janda. Orang beriman bukan orang yang berdiam diri, melainkan orang yang melakukan karya-karya Kristus dalam kehidupan. Orang beriman adalah orang yang bergerak, terlibat, dan ikut melakukan "pekerjaan-pekerjaan besar" yang dikehendaki Tuhan bagi keselamatan banyak orang. Kita mohon rahmat Tuhan supaya dimampukan untuk terlibat menghadirkan kasih Tuhan bagi sesama. 

Ya Allah, penuhilah kami dengan Roh Kasih-Mu supaya kami senantiasa giat memberikan diri dalam pelayanan bagi sesama. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel