RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 17 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 17 MEI 2023

OKTAF PASKAH VI (PUTIH) 

St. Paskalis Baylon

BACAAN I: Kis. 17:15.22-18:1

MAZMUR: 148:1-2.11-12b.12c-14a.14bcd

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 16:12-15

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Renungan :

Zaman kita sering disebut era post-truth. Ciri-cirinya adalah setiap orang mengklaim kebenaran berdasarkan cara pandang atau keyakinannya sendiri-sendiri. Seiring kuatnya pengaruh media sosial, semua orang mendapatkan ruang dan kesempatan untuk mengatakan apa pun yang mereka mau dan mengklaimnya sebagai kebenaran mutlak. Risikonya adalah perang klaim kebenaran, kebingungan publik, dan suramnya kebenaran itu sendiri. Kebenaran injili pun tidak luput digugat oleh banyak orang. 

Dalam situasi ini, seperti sudah dialami pula oleh Santo Paulus pada masanya, kita tidak dipanggil untuk turut berperang dengan memaksakan kebenaran kita atau tidak mau terbuka kepada kebenaran yang disampaikan orang lain. Kita justru dipanggil untuk menjadi pribadi dengan hati terbuka terhadap kemajemukan dan perbedaan, untuk menjembatani perbedaan, termasuk perbedaan pemahaman akan kebenaran, dan untuk teguh dalam iman kita serta menghadirkan kesaksian hidup yang dengan sendirinya menunjukkan kebenaran Injil yang kita imani. 

Penuhilah kami dengan Roh Kebijaksanaan-Mu, ya Allah, supaya pikiran, perkataan, dan perbuatan kami menghadirkan kebenaran-Mu yang sejati. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 17 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel