RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 12 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 12 MEI 2023

OKTAF PASKAH V (PUTIH)

St. Fransiskus; B. Wiliam Tirri

BACAAN I : Kis.15:22-31

MAZMUR: 57:8-9.10-12;

BACAAN INJIL: Yohanes 15:12-17

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."

RENUNGAN

Sidang yang cukup menegangkan di Yerusalem akhirnya membuahkan keputusan yang oleh para rasul dan penatua disebut sebagai "keputusan Roh Kudus dan kami". Kesadaran akan peran Roh Kudus sebagai pemimpin utama jemaat ditampakkan dalam ungkapan tersebut. Gereja Kristus bukanlah milik Santo Petrus atau Santo Paulus, pemimpin utamanya juga bukan Paus Fransiskus atau Paus siapa pun. Gereja Kristus adalah milik dan sekaligus dipimpin oleh Roh Kudus. 

Dalam kesadaran itu, para rasul dan penatua akhirnya menghasilkan keputusan yang menghibur dan membuahkan sukacita bagi jemaat. Situasi tersebut perlu terus dihidupkan di dalam Gereja. Kita perlu terus berpegang pada tuntunan Roh Kudus, bukan hanya pendapat atau kehendak orang tertentu atau cara pandang tertentu. Dalam tuntunan Roh Kudus, kita perlu berani mengubah tata hidup menggereja yang justru memberatkan dan tidak menuntun kita kepada sukacita sejati. 

Allah Bapa kami, bukalah hati kami kepada tuntunan Roh-Mu supaya bukan kehendak kami yang terjadi melainkan kehendak-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 12 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel