RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 13 MEI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 13 MEI 2023

OKTAF PASKAH V (PUTIH)

SP MARIA DR FATIMA

BACAAN I: Kis. 16:1-10

MAZMUR: : 100:1-2.3.5

BACAAN INJIL: Yohanes. 15:18-21

"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

RENUNGAN:

Injil Yohanes menggambarkan dunia sebagai yang terpisah dari Allah, bahkan cenderung menolak Allah. Persoalannya adalah dunia tidak mengenal Allah dan karenanya tidak mau menerima jalan keselamatan yang ditawarkan Allah. Namun, justru dalam dunia yang demikian Allah mewujudkan karya kasih-Nya dan mengutus banyak utusan untuk memperkenalkan jalan-Nya kepada dunia. Yang dibutuhkan dari setiap utusan adalah semangat pantang menyerah dan keterbukaan hati kepada semua orang dengan keyakinan bahwa semua orang harus diselamatkan di dalam Tuhan. 

Kita melihat semangat tersebut dalam diri Santo Paulus. Bacaan hari ini mengisahkan semangatnya untuk pergi mewartakan Injil kepada jemaat yang belum dikenal dan diketahuinya dari penglihatan. Meski sangat mungkin di sana ia mengalami masalah atau bahkan penolakan, namun semangatnya tak surut. Militansi yang demikian senantiasa diperlukan sepanjang zaman. Pada zaman kita, Paus Fransiskus menyerukan militansi kasih persaudaraan dan kesaksian hidup penuh sukacita kepada semua orang. Kita dipanggil untuk berani membongkar kotak-kotak identitas dan belenggu-belenggu kemanusiaan supaya sukacita keselamatan hadir dalam dunia. 

Allah Yang Mahabaik, mampukan kami untuk pantang menyerah dalam menaburkan kebaikan kepada sesama. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 13 MEI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel