RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 24 APRIL 2023

OKTAF PASKAH III (PUTIH) 

St. Fidelis dr Singmaringen

BACAAN I: Kis. 6:8-15

MAZMUR: 119:23-24.26-27.29-30;

BACAAN INJIL: Yohanes 6:22-29

Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: "Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?" Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya." Lalu kata mereka kepada-Nya: "Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?" Jawab Yesus kepada mereka: "Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah."

RENUNGAN:

Orang banyak mencari Yesus karena telah mengalami mukjizat penggandaan roti. Sekarang alasannya bukan karena sabda Yesus, melainkan karena mereka bisa makan kenyang lagi. Namun, Yesus meminta agar mereka bekerja bukan untuk makanan yang dapat binasa, melainkan untuk kehidupan kekal. Ada dua macam rasa lapar, yakni lapar fisik dan lapar spiritual. Hanya Allah dapat memuaskan rasa lapar spiritual dalam hati dan jiwa kita. Rasa lapar ini adalah lapar akan kebenaran, kehidupan, dan cinta. 

Yesus juga berbicara tentang "pekerjaan yang dikehendaki Allah." Sebagai murid, kita harus melaksanakan pekerjaan tersebut. Apa itu? "Percaya kepada Dia yang telah diutus Allah." Yesus menawarkan relasi baru dengan Allah yang memberikan kehidupan baru: sebuah kehidupan yang ditandai dengan cinta, pelayanan, dan pengampunan; kehidupan yang selaras dengan belas kasih dan kebaikan Allah; kehidupan yang percaya pada kebijaksanaan Allah. Inilah pekerjaan yang diberikan Yesus kepada kita. Namun, untuk menjalankan pekerjaan ini, kita mesti memiliki rasa lapar akan kebenaran Allah dan sabda kekal dari Yesus. 

Tuhan, Engkau sendirilah yang dapat memuaskan rasa lapar dalam hati kami. Semoga kami selalu lapar akan roti yang tidak dapat binasa sehingga kami bisa dipuaskan dalam diri-Mu sendiri sebagai Roti dari surga. Peliharalah dan kuatkanlah kami sehingga kami bisa melayani-Mu dengan sukacita, kemurahan hati dan sentangat yang berkobar-kobar sepanjang hidup kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel