RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 26 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 26 APRIL 2023

OKTAF PASKAH III (PUTIH)

St. Rafael Arnaiz

BACAAN I: Kis. 8:1b-8

MAZMUR: 66:1-3a.4-5.6-7a

BACAAN INJIL: Injil Yohane 6:35-40

Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Renungan :

Yesus menyebut diri-Nya "Roti Hidup." Jika orang Yahudi mendengar kata "Roti", teringat di benak mereka manna yang turun dari surga, yang diberikan Allah kepada nenek moyang mereka yang membuat mereka mampu bertahan hidup sewaktu mengembara di padang gurun. Roti adalah hal pokok dan mendasar dalam hidup. Tanpa makanan, kita tidak dapat bertahan hidup untuk jangka waktu yang lama. Roti menopang hidup kita. 

Lantas, apa artinya "Hidup"? Di sini, Yesus berbicara tentang sesuatu yang lebih dari sekadar keberadaan fisik. Hidup yang dijalani Yesus adalah hidup yang selalu terhubung dengan Allah, Sang Pencipta. Kehidupan sejati adalah sebuah relasi dengan Allah yang hidup, sebuah relasi kepercayaan, cinta dan ketaatan. Jadi, "Hidup" mengacu pada relasi penuh kasih dengan Allah yang menciptakan kita karena cinta. Terpisah dari Yesus, Roti Hidup ini, tak seorang pun dapat masuk dalam kehidupan dan relasi seperti itu. 

Apakah kita puas dengan hal fisik saja atau masih lapar akan kehidupan sejati? Yesus menunjukkan tiga hal. Pertama, Dia mempersembahkan diri-Nya sebagai "makanan spiritual", yang memberikan hidup Allah dalam diri kita. Kedua, Dia menjanjikan persahabatan yang tidak terputus dan kemerdekaan dari rasa takut ditinggalkan oleh Allah. Ketiga, Dia memberikan kepada kita harapan akan kebangkitan. Siapa yang menerima Yesus sebagai penyelamat, akan dibangkitkan dalam kehidupan kekal bersama-Nya ketika Dia datang lagi pada akhir zaman. 

Tuhan Yesus, berikanlah kami harapan yang tak tergoncangkan akan kehidupan kekal dan teguhkanlah intan serta ketaatan kami dalam melaksanakan kehendak Bapa di surga. Amin.  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 26 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel