RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 27 APRIL 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 27 APRIL 2023

PEKAN PASKAH III (PUTIH)

St. Petrus Kanisius

BACAAN I: Kis. 8:26-40

MAZMUR: 66:8-9.16-17.20;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 6:44-51

Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. Akulah roti hidup. Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

RENUNGAN

Allah memberikan kepada umat-Nya kehidupan yang berlimpah, dan kita dapat memperolehnya. Apa Roti Hidup yang Yesus berikan? Pertama-tama, itu adalah kehidupan Allah sendiri - suatu kehidupan yang menopang kita, tidak hanya sekarang ini, tetapi juga pada masa yang akan datang. Dalam Kitab Bilangan dicatat bahwa mereka yang menolak untuk terus melangkah maju dengan gagah berani sampai di Tanah Terjanji, dihukum untuk mengembara di padang gurun sampai mati. Para guru Yahudi percaya bahwa leluhur mereka yang tidak mencapai Tanah Terjanji juga tidak mencapai kehidupan yang akan datang. 

Ketika Yesus memberikan kepada kita kehidupan sejati, Dia membawa kita kepada sebuah kehidupan baru dengan Allah, yakni kehidupan yang didasarkan pada cinta, kepercayaan, dan kesetiaan. Dia memberikan kepada kita hidup sejati yang berlangsung selama-lamanya, sebuah kehidupan cinta, persahabatan, dan persatuan dengan Dia yang menciptakan kita dalam cinta selamanya. Maka, menolak Yesus berarti menolak kehidupan kekal, kehidupan yang tak akan pernah berakhir bersama Bapa di surga. Menerima Yesus sebagai Roti Hidup, tidak hanya hidup dan pemeliharaan spiritual di dunia ini sekarang, tetapi juga di dunia yang akan datang. Apakah kita sudah menerima Yesus, Sang Roti Hidup? 

Tuhan Yesus, Engkau adalah Roti Hidup yang menopang hidup kami. Semoga kami selalu lapar akan Roti yang turun dari surga dan ntenemukannya sehingga kami dikuatkan untuk semakin mencintai dan melayani Engkau sepenuh hati. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 27 APRIL 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel