RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 28 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 28 FEBRUARI 2023

PEKAN PRAPASKAH I (UNGU)

Sta. Antonia, St. Hillarus

BACAAN I: Yes. 55:10-11

MAZMUR:  34:4-5.6-7.16-17.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 6:7-15

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

RENUNGAN:

Allah adalah Bapa yang sangat mencintai, peduli, dan menginginkan kesejahteraan kita. Melalui firman-Nya, Allah akan melaksanakan penebusan-Nya, yaitu memulihkan keselamatan kita (bdk. Yes. 55:10-11 ). Karya Allah itu selalu membutuhkan tanggapan hati kita agar kehendak-Nya benar terwujud dan Dia sungguh merajai kita. 

Pertobatan Prapaskah berarti menanggapi tawaran pengampunan Allah dengan memberikan pengampunan kepada sesama. Pengampunan kita akan membuat pengampunan Allah kepada kita bekerja efektif dalam hidup kita. Jika kita menolak untuk mengampuni maka hati kita akan tertutup sehingga pengampunan Allah kepada kita juga tidak akan bekerja efektif (bdk. Mat. 6:7-15). 

Bapa Yang Maharahim, sadarkanlah kami bahwa Engkau selalu menyiapkan rahmat-Mu kami, tetapi tergantung pada tanggapan kamilah rahmat itu akan efektif bekerja. Hapuskanlah kesombongan kami agar selalu siap memberikan pengampunan kepada sesama sehingga kami sungguh-sungguh menikmati pengampunan-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 28 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel