RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 5 FEBRUARI 2023

PEKAN BIASA V (HIJAU)

BACAAN I : Yes. 58:7-10;

MAZMUR : 112:4-5.6-7.8a-9

BACAAN II : 1Kor. 2:1-5

BACAAN INJIL: Matius 5:13-16

Dalam khotbah di bukit, Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga."

RENUNGAN 

Kamu adalah garam dunia." Yesus menunjukkan identitas kita sebagai garam. Garam berfungsi untuk memberi cita rasa kebaikan, mengawetkan apa yang sudah baik dan meredam apa yang busuk. Ini berarti bahwa kita perlu mempunyai pandangan yang positif terhadap diri sendiri, terhadap sesama, dan terhadap budaya yang lain.

Kita diingatkan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dalam keadaan sungguh amat baik sehingga kebaikan ada dan tersebar di dalam budaya, dalam diri saudara-saudari kita yang Iain, dan dalam peristiwa-peristiwa hidup ini. Namun, perlu juga meredam hal buruk yang ditebarkan oleh setan. Kita dimampukan untuk menjalankan aneka fungsi sebagai garam bukan dari kelimpahan kemampuan kita sendiri, melainkan berkat pertolongan Allah yang diwujudkan dalam kasih dan pengorbanan (bdk. Yes. 58:7-I0). Dengan mengandalkan Tuhan (bdk. I Kor 2:1-5), terang kita bercahaya di depan orang dan mereka memuliakan Bapa di surga (bdk. Mat. 5:13-16)! 

Ya Allah Roh Kudus, bimbinglah kami untuk menjalankan tugas misioner kami sebagai garam. Buatlah hati kami peka akan kehadiran dan dorongan-Mu sehingga kami dapat merangkul semua yang baik dan dengan tegas menolak apa pun yang jahat. Amin.

0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel