RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 16 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 16 FEBRUARI 2023

PEKAN BIASA VI (Hijau)

B. Simon dr Cascia

BACAAN I: Kej. 9:1-13

MAZMUR:  102:16-18.19-21.29.22-23;

BACAAN INJIL: Injil Markus 8:27-33

Kemudian Yesus beserta murid-murid-Nya berangkat ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Kata orang, siapakah Aku ini?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi." Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" Lalu Yesus melarang mereka dengan keras supaya jangan memberitahukan kepada siapapun tentang Dia. Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari. Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia. Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

RENUNGAN

Petrus menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias, Penebus, Pemenang. Tanggapan Yesus memberikan koreksi, yaitu bahwa pencapaian menjadi Mesias itu bukan dijalani melalui gemerlap kemenangan duniawi dan dengan kuasa politik, melainkan melalui penderitaan, penolakan, dan kematian, yang kemudian dimahkotai oleh Bapa dengan kebangkitan. Sengsara dan kematian mempunyai nilai penyelamatan karena menyadarkan manusia akan ketidakmampuan diri, serta kebutuhan manusia akan Allah sehingga kita terbuka kepada kehendak dan rahmat-Nya. 

Yesus telah menunjukkan jalan yang paling radikal, yakni la disiksa, menderita, lalu wafat di salib. la menunjukkan solidaritas dengan kita manusia. Bahwasanya, sengsara dan penderitaan susah kita hindari di dunia ini, namun bagi kita, Tuhan selalu bersama kita. la tidak membiarkan kita berjalan sendirian. la turut memikul salib kehidupan kita. Kesetiaan pada jalan salib menuntun kita pada jalan kebangkitan. Sebab, tidak ada kebangkitan tanpa salib. 

Ya Yesus, kami bersyukur dan berterima kasih atas pengajaran tentangjalan salib-Mu sebagai jalan menuju keselamatan. Teguhkan dan mantapkan iman kami bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah yang menyelamatkan kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 16 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel