RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 17 FEBRUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 17 FEBRUARI 2023

PEKAN BIASA VI (Hijau)

Ketujuh Saudara Suci

BACAAN I: Kej. 11:1-9

MAZMUR: 33:10-11.12-13.14-15;

BACAAN INJIL: Markus 8:34-9:1

Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya. Karena apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus." Kata-Nya lagi kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa."

RENUNGAN 

Persyaratan yang diberikan Yesus untuk menjadi murid-Nya ialah menyangkal diri, memanggul salib, dan mengikuti Dia. Menyangkal diri berarti mengesampingkan kehendak, kebutuhan diri sendiri, dan mengikuti apa yang dikehendaki Allah. Dengan demikian, kita menomorsatukan kehendak Allah. Kehendak Allah bisa dikenali bukan hanya dalam hal-hal yang menyenangkan, melainkan juga dan terutama dalam tantangan dan kesulitan yang disebut sebagai salib. 

Apa yang terjadi dalam pembangunan menara Babel justru kebalikan dari tuntutan Yesus. Keinginan membangun menara yang mencapai langit adalah cermin dari keinginan untuk menyamai kebesaran Allah. Bukannya menundukkan diri kepada Allah, manusia malah ingin menyamakan diri dengan Allah dan ingin mengalahkan kebesaran Allah. Perbuatan ini berakhir dengan perpecahan dan kekacaubalauan. 

Ya Yesus, sungguh tidak mudah menjadi murid-Mu, tetapi dengan bantuan Roh Kudus-Mu, kami percaya kami akan mampu menghayati ajaran-ajaran-Mu yang membawa kesejahteraan. Berilah kami intan yang kokoh akan keselamatan yang Kauberikan dan tambahkanlah selalu anugerah ketekunan dalam diri kanti. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 17 FEBRUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel