RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 16 JANUARI 2023

PEKAN BIASA II (HIJAU)

St. Berardus dkk

BACAAN I: Ibr. 5:1-10

MAZMUR: 110:1.2.3.4;

BACAAN INJIL: Markus 2:18-22

Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya. Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

Renungan :

Perkembangan teknologi membawa serta perubahan dalam banyak bidang termasuk budaya. Barangkali kita sering mendengar keluhan orang tua terhadap anak-anak mereka, atau keluhan guru-guru terhadap anak-anak didik mereka. Para orang tua atau para guru sering kali menggunakan kata-kata ini: "Anak-anak sekarang tidak sama dengan anak-anak zaman dahulu." Perbandingan ini bisa membantu, namun sering kali yang muncul justru kekecewaan, kekesalan, dan kemarahan. Sebab itu, pantaslah kalau kita merenungkan Injil hari ini: "Anggur baru hendaknya disimpan dalam kantong kulit yang baru pula." 

Artinya, marl kita memahami dan menghadapi generasi masa kini dengan mentalitas dan perkembangan masa kini. Mari kita berelasi dengan anak-anak zaman now melalui pendekatan yang akrab dengan mereka. Pendekatan zaman old mungkin saja masih baik, namun kurang tepat untuk diterapkan pada situasi masa kini karena karakternya berbeda. Kalau dipaksakan, keduanya tidak akan puas sehingga hasilnya malah keretakan. Lebih jauh kita renungkan bahwa barangkali baik kalau kita mengerti dan mengekspresikan cara hidup beriman kita dengan berbagai pendekatan baru sesuai perkembangan zaman sehingga hidup kita senantiasa dibarui dan tidak asing bagi generasi masa kini. 

Ya Tuhan, kami memahami dan mengikuti-Mu sesuai tanda-tanda zaman di sekitar kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel