RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 19 JANUARI 2023

PEKAN BIASA II (HIJAU)

St. Marius; St. Gerlakus

BACAAN I: Ibr. 7:25-8:6

MAZMUR: 40:7-8a.8b-9.10.17;

BACAAN INJIL: Injil Markus 3:7-12

Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya. Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

RENUNGAN

Yesus adalah Imam Besar yang sungguh kita butuhkan karena la memiliki kriteria seperti yang disampaikan dalam Bacaan Pertama hari ini, yaitu "yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi daripada tingkat-tingkat sorga, yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban untuk dosanya sendiri dan sesudah itu barulah dosa umatnya, sebab hal itu telah dilakukan-Nya satu kali untuk selama-selamanya ketika mempersembahkan diri diri sendiri sebagai korban" (Ibr. 7:27). Lebih dari itu, Yesus memiliki kuasa atas dunia ini, termasuk atas roh-roh jahat yang sering kali datang mengganggu Yesus dan mengganggu para pengikut-Nya. Para roh jahat yang melihat Yesus tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." 

Kita yang mengaku diri sebagai pengikut Kristus mestinya mengenal Yesus lebih baik dan lebih akrab sehingga tidak hanya tersungkur di hadapan-Nya seperti roh-roh jahat itu, tetapi terlebih mau mengikuti Dia dengan sungguh-sungguh dan setia. Kita tidak hanya dituntut untuk menghafal dan menyebutkan syahadat iman kita, tetapi juga berani dengan penuh komitmen menjadi saksi keilahian Yesus di tengah-tengah masyarakat kita melalui ucapan dan tingkah laku kita sehari-hari. Kita dikenal sebagai pengikut Kristus lewat jalan cinta dan belas kasih. 

Ya Bapa, semoga kami mampu mengalahkan kuasa roh jahat dalam diri kami dan dalam diri orang lain dengan taat dan setia kepada Putra-Mu, Yesus Kristus, Imam Besar kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel