RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 6 JANUARI 2023)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 6 JANUARI 2023

PEKAN SEBELUM EPIFANI (PUTIH)

B. Didakus Yosef dr Sadiz

BACAAN I: 1Yoh. 5:5-13

MAZMUR: 147:12-13.14-15.19-20;

BACAAN INJIL: Matius 1:7-11

Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus." Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

RENUNGAN 

Kerendahan hati merupakan suatu keutamaan yang sangat penting dalam hidup bersama. Kerendahan hati tidak bisa dipaksakan, juga bukan suatu paksaan. Seorang yang rendah hati merupakan pribadi yang sungguh mengenal dirinya, mengenal orang lain, mengenal konteks dan tujuan hidupnya. Rendah hati merupakan anugerah yang hanya bisa dirasakan, dibuktikan, dan diberikan dalam praktik hidup bersama. 

Yohanes Pembaptis menunjukkan kerendahan hatinya dengan mengakui dan memperkenalkan dirinya yang sebenarnya bahwa ada orang lain yang lebih pantas dihormati daripada dirinya. la tidak mengambil kesempatan dan kehormatan yang dimiliki orang lain. Yesus pun seperti yang diperkenalkan oleh Yohanes, yakni Pribadi yang rendah hati yang ditunjukkan-Nya dengan mau dibaptis oleh Yohanes kendati la tidak berdosa sebab baptisan Yohanes adalah baptisan tobat. 

Dengan rendah hati Yesus mau masuk dalam keseharian hidup manusia sehingga manusia pun mampu menerima Dia sebagai sahabat, seorang yang akrab, dan seorang penyelamat. Bagi kita pun bahwa hanya dengan kerendahan hatilah kita mampu menerima keunikan dan kelebihan orang lain. Dengan kerendahan hati pula kita dengan mudah diterima dan diapresiasi oleh orang lain. Sebab itu, sebagai pengikut Yesus, kita terus mengupayakan agar kerendahan hati sungguh menjadi cara hidup kita sehari-hari. 

Ya Bapa, jadikanlah kami pribadi yang rendah hati supaya kami dapat hidup selaras dengan hidup Putra-Mu yang dengan rendah hati datang menyelamatkan kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 6 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel