RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 5 JANUARI 2023)

RENUNGAN HARIAN

KAMIS, 5 JANUARI 2023

PEKAN SEBELUM EPIFANI (PUTIH)

St. Yohanes Nepomuk Neumann;

BACAAN I: 1Yoh. 3:11-21

MAZMUR: 100:1-2.3.4.5;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 1:43-51

DOA PAGI:

Tuhan Yesus, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel. Engkau yang memanggil aku dengan namaku sendiri. Aku mohon bimbinglah selalu dan jangan biarkan aku jauh dari pada-Mu, sehingga aku mampu membawa sesama untuk semakin mengenal Engkau yang penuh cinta kasih. Amin

RENUNGAN:

Kita boleh merencanakan sesuatu, tetapi apa yang akan terjadi tidak mudah diduga. Bahkan sering kali terjadi suatu peristiwa yang tidak kita rencanakan sebelumnya. Demikian juga sering kali terjadi perjumpaan yang tidak kita duga namun justru sangat mengesankan, bahkan mengubah hidup kita. 

Injil hari ini bercerita tentang "pengalaman perjumpaan yang mengubah". Filipus berjumpa dengan Yesus dan setelah mendengar panggilan Yesus ia bergegas mengikuti-Nya. Sangat mungkin bila Filipus tidak pernah berpikir sebelumnya akan menjadi murid Yesus. Namun, perjumpaan itu mengubah arah hidupnya. Filipus lalu mengajak Natanael untuk berjumpa dengan Yesus. Jawaban Natanael atas ajakan Filipus menunjukkan bahwa ia sebenarnya penasaran meskipun terkesan kurang percaya. 

Namun, perjumpaannya dengan Yesus mengikis keraguannya. Yesus ternyata telah mengenalnya lebih dari Natanael mengenal diri sendiri. Dan perjumpaan tak terencana ini mempengaruhi imannya. Natanael akhirnya mengakui Yesus sebagai Rabi, Allah, dan Raja. 

Kisah panggilan Filipus dan Natanael sungguh menginspirasi kita. Allah menyapa dan memanggil kita dalam keseharian hidup dan pengalaman manusiawi kita. Allah yang memanggil kita sesungguhnya lebih mengenal siapa diri kita. la sesungguhnya selalu rindu untuk berjumpa dengan kita. Apakah kita mau membuka pintu hati kita untuk berjumpa dengan dia? Maukah kita membuka telinga batin kita untuk mendengarkan Dia yang selalu berbisik lembut menyapa kita? Allah telah lebih dahulu mengenal kita sebelum kita berjumpa dengan-Nya. Allah menghendaki agar kita mengalami perjumpaan dengan-Nya setiap saat. la selalu ada dan menyapa kita sekalipun kita tidak menyadarinya, bahkan di saat kita ragu dan kurang percaya akan kehadiran-Nya. Semoga perjumpaan kita dengan Tuhan mengubah hidup kita. Dan seperti Filipus, setelah mengalami perjumpaan dengan Tuhan, kita pergi dan mengajak banyak orang untuk berjumpa dengan Yesus. Dengan demikian, hidup kita menjadi berkat bagi orang Iain. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 5 JANUARI 2023)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel