RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 OKTOBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 20 OKTOBER 2022

PEKAN BIASA XXIX (HIJAU) 

Sta. Maria Bertilla Boscardin;

BACAAN I: Ef. 3:14-21

MAZMUR: Luk. 33:1-2.4-5.11-12.18-19;

BACAAN INJIL: Injil Lukas. 12:49-53

"Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala! Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung! Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan. Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."

Renungan 

Seperti Rasul Paulus, kita dapat melakukan hal-hal yang luar biasa ketika kita berada dalam cinta Kristus. la mampu membakar semangat Paulus untuk mewartakan Injil dari satu kota ke kota lain tanpa kenal lelah dan ia tidak takut menghadapi mara bahaya dan ancaman manusia. Bahkan dari penjara pun ia masih melayani lewat surat-suratnya. Namun, kita perlu memahami bahwa cinta Kristus itu seperti api yang memurnikan, sehingga kadang kita menjadi gelisah. La menyebabkan kita bergumul dengan pertanyaan tentang kehendak Tuhan. Kadang la menyebabkan kita membuat keputusan yang membawa pertentangan dengan sesama bahkan anggota keluarga kita. Dalam situasi seperti ini, benarlah perkataan Yesus bahwa la tidak datang membawa damai. Bagaimanakah kita mengerti perkataan seperti itu? 

Janganlah kita menginginkan rasa damai sementara yang ditawarkan oleh dunia, tetapi mengharapkan damai abadi yang akan diterima bagi murid Kristus yang setia. Marilah kita tetap mencintai Kristus dan mencintai mereka yang melawan kita, sehingga kita layak disebut murid-murid Kristus. Kita percaya cinta Kristus akan memampukan kita melewati pergumulan dan pertentangan yang kita hadapi di dunia ini. Lihatlah mereka yang sedang dimabuk cinta, semua tantangan mampu mereka lalui. Bagi mereka yang mencintai, tidak ada yang sulit. 

Yesus, kuatkan pundak kami, sehingga kami mampu memanggul salib dalam peziarahan hidup ini. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 OKTOBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel