RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 9 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 9 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XIX (HIJAU)

St. Oswaldus; Sta. Teresia Benedikta;

BACAAN I: Yeh. 2:8-3:4

MAZMUR: 119:14.24.7.103.111

BACAAN INJIL: Matius 18:1-5.10.12-14

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

RENUNGAN

Pada hari ini, Yesus mengajak kita untuk terus-menerus membangun sikap tobat. Meskipun kita sudah dibaptis dan terbebas dan dosa asal, tetapi kita masih memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa dan sering pula kita mengikuti kecenderungan itu, sehingga kita jatuh ke dalam dosa. Oleh karenanya, kita diajak untuk bertobat. Proses pertobatan itu dimulai ketika kita bisa seperti seorang anak kecil yang polos, jujur, apa adanya, dan patuh terhadap orang tua. Kita sebagai anak-anak Allah sudah sepatutnya mempunyai ciri-ciri seperti anak kecil tersebut.

Sebagai orang beriman, kita diharapkan berani menanggalkan topeng kemunafikan yang selama ini menghiasi hidup kita, menghilangkan kesombongan dan keangkuhan yang selalu menjadi kebanggaan kita, dan ketidakpatuhan terhadap Allah yang terus berulang dari waktu ke waktu. Anak-anak kecil yang ada di rumah, di sekolah, di gereja, atau di lingkungan kita, sekarang menjadi cermin hidup dan guru kita dalam mengembangkan iman. Kita diharapkan berani memperbaiki dan mengubah hidup kita dan pertobatan yang seperti itu tidak hanya akan membuat hidup kita semakin berkualitas, tetapi juga akan membenikan dampak yang baik bagi orang lain yang hidup bersama kita. 

Ya Bapa, semoga kami memiliki kerendahan hati dan niat yang kuat untuk bertobat sehingga kami mampu untuk terus membenahi hidup seturut kehendak-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 9 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel